Peluang Usaha Budidaya Ayam Potong Agar Menjadi Sukses

Ayam potong adalah Peluang usaha yang cukup bagus, asalkan anda bisa mencari tempat untuk memulai usaha ini. Ayam potong sendiri banyak yang menyukai karna mempunyai daging yang besar dari ayam kampung. Untuk memulai usaha ini anda harus pandai dalam memilih anak ayam, pilihlah anak ayam yang belum di ketahui jenis kelaminnya atau anak ayam yang masih kecil. Ayam yang harus anda cari mempunya ras berbeda-beda, pilihlah ayam potong yang ras Plymouth Rock atau ayam pedaging. Apabila anda ingin membeli anakan ayam potong, mintaklah agar langsung di divaksinasi terhadapat virus. Agar anak ayam tidak terserang penyakit usahakan divaksinasi sesudah di netaskan.

Untuk tempat kandang dari anak ayam buatlah berukran stabil dengan ayam tersebut, Ukuran yang cocok untuk 100 ekor anak ayam potong berkisar 4 x 2 Meter agar tidak pengap atau kepansan dan buat tempat pelindung atap yang bagus tidak bocor. Kandang di buat jaring kawat yang tidak terlalu lebar atau pun kecil untuk melindungi ayam dari ancaman dari pemakan daging seperti biawak, tikus. Setelah kandang di buat sebagus mungkin buatlah alas dari serbuk kayu agar anak ayam bisa bermain dengan serbuk kayu tersebut. Dimaksud dari kegunaan serbuk kayu adalah untuk membuat suhu kandang menjadi stabil, anda harus mengganti serbuk kayu jika sudah terlalu lama, agar tidak adanya penyakit yang berdatangan. Anda juga harus membuat perlengkapan untuk kandang seperti tempat minum, tempat makan ayam dan lampu.

Jika anak ayam sudah bertumbuh besar berilah obat yang sesuai untuk ayam, disini saya bermaksud agar ayam tidak terserang penyakit yang ada terutama dari penyakit flu burung, jangan lupa untuk memberikan makanan yang sesuai juga dan sering-sering mencek kandang anak ayam agar tidak terjadi kerusakan dari kandang.

Cara Jika Ingin Membeli Anak Ayam Baru

Jika anda ingin membeli anakan yang baru seharusnya membeli sebelum ayam potong di jual,  agar adanya pertukaran dalam suasana kandang. Buatlah kandang satu lagi seperti pembuatan kandang yang tadi, Kenapa harus langsung membeli anak ayam? Agar anda tidak terlanjur mersakan penghasilan dan tiba tiba berhenti, penjualan ayam potong dapat berubah – ubah, melihat dari pembelian masyarakat, makanya saya sarankan sebelum anda menjual ayam potong yang sudah besar tadi setidaknya seminggu sebelumnya anda haru langsung membeli anak ayam baru. dan lebih bagusnya jika ingin memulai usaha ini beli anak ayam bertahap-tahap biar anda tidak terlalu rugi jika tiba-tiba harga ayam potong langsung turun

Pemberian Pakan Yang Tepat Untuk Ayam Potong

Untuk pemberian pakan anak ayam membutuhkan pakan yang bernutrizi dan bervitamin, berikan pakan starter untuk anak ayam berkisar selama 3 minggu pertama dan langsung di sambung lagi dengan pakan grower. Jangan memberikan pakan tambahan yang tidak sesuai dengan ayam agar ayam tidak terlalu kekenyangan, karna dapat merubah sifat ayam menjadi selalu lapar dan jika tidak ingat memberi ayam pakan, ayam akan tiba-tiba sakit. Jangan memberikan pakan melebihi tempat pakan agar pakan tidak terbuang-buang, karna ayam selalu mengais makanan seolah-olah mencari makanan sendiri. Dan jangan lupa untuk menaikkan tempat pakan dan tempat minum sesuai degan bibir ayam.

Penjegahan Bila Ayam Terkena Penyakit

Caranya memberikan vaksin atau obat suntik bagi ayam, tempat yang tepat untuk pemberian obat suntik di siku ayam, pilih salah satu siku ayam cabut satu sampai lima helai bulu ayam dan suntikkan tepat pada salah satu lubang bulu ayam tadi. Untuk prilaku ayam yang tiba – tiba sakit pisahkan ayam dengan ayam yang lainnya agar penyakitnya tidak terkena dengan ayam lain. Jika ayam masih bisa di sembuhkan suntik atau beri obat secara rutin terhadap ayam yang terserang penyakit. Terkadang ayam yang terkena penyakit dari suhu cuaca, usahakan agar suhu tetap stabil dan jika bisa membuat kandang yang hangat,.

Demikianlah postingan tentang Peluang Usaha Budidaya Ayam Potong Agar Menjadi Sukses. Semoga dengan adanya postingan ini bisa membuat usaha baru bagi anda, jangan lupa untuk mengunjungi peluang usaha untuk mencari informasi seputar usaha – usaha baru. Dan jika ingin melihat usaha lainnya bisa anda lihat disini Budidaya Cabai Rawit Yang Baik dan Berkualitas.
Terima kasih

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *