Cara Sukses Budidaya Ikan Mas Berkualitas

Budidaya Ikan Mas – Ikan mas adalah salah satu ikan yang di sukai di indonesia, dagingnya yang empuk untuk makan. Tapi sayangnya ikan mas mempunyai duri yang cukup banyak, anda harus detail melihat semua durinya. Ikan mas sendiri cocok untuk di jadikan usaha, karna perewatannya cukup mudah asalkan airnya dapat mengalir dengan bagus. Pada kesempatan kali ini peluang usaha akan berbagi tips budidaya ikan mas berjualitas. Dan berikut tipsnya simak secara seksama.

Beberapa tips yang harus anda ketahui sebagai berikut :

  1. Pencarian lahan atau kolam yang susai untuk perairan, kemiringan tanah yang baik untuk kolam berkisar 3-5% untuk memedahkan kolam secara gravitasi.
  2. Tanah yang bagus untuk pembuatan kolam dengan jenis tanah liat, tidak berporos agar bisa menahan air yang banyak dan membuat dinding kolam yang tidak bocor.
  3. Untuk pemeliharaan ikam mas, membutuhkan air yang bergerak atau air yang mengalir dan kualitas air yang bagus harus bersih,
  4. Ketinggian yang cocok untuk memelihara ikan mas sekitar 150 – 1000 m dpl
  5. Ikan mas akan berkembang pesat jika di pelihara di kolam, sawah dan sungai beriar deras
  6. Suhu air yang bagus berkisar 20 – 25°C.
  7. Keasaman air  ( pH ) yang baik adalah 7-8

Ciri-ciri ikan mas sebagai berikut :

  1. Ikan mas punten – Potongan badan paling pendek , sisik berwarna hijau gelap, mata agak menonjol, gerakan gesit, bagian punggu tunggi melebar.
  2. Ikan mas si nyonya – Sisik berwarna kuning muda, mata tidak menonjol, badan relatif panjang, lebih suka berada di permukaan air.
  3. Ikan mas majalaya – Punggu tinggi, badan relatif pendek, sisik berwarna hijau ke abu-abuan, gerkan lamban.
  4. Ikan mas taiwan – badan relatif panjang, penampang punggung membulat, sisik berwarna hijau kekuning-kuningan, gerakan lebih gesit dan aktif.
  5. Ikan mas koki – Bentuk badan bulat panjang, mempunyai perut yang besar, kepala besar, warna sisik bermacam-macam, gerakan lambat dan terkadang gesit ketika di beri makan
Demikianlah pembahasan tentang cara sukses budidaya ikan mas berkualitas. Semoga dengan adanya postingan ini bisa membuat usaha baru bagi anda. Silahkan kembali lagi di peluang usaha untuk mencari informasi seputar usaha. Dan jika ingin melihat informasi lainnya bisa anda lihat disini Peluang usaha budidaya ayam potongagar menjadi sukses.
Terima kasih.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *