Cara Mudah Membudidayakan Buah Mangga Manis

Buah mangga adalah satu buah yang sangat mudah untuk di budidayakan karena pohon mangga sangat bagus di daerah manapun keculai daerah yang sangat panas. Buah mangga sendiri banyak ragam dan jenisnya mulai dari yang besar sampai ada buah yang kecil. Dikarenakan buah mangga ini sangat banyak yang menyukai pastinya buah ini sangat banyak yang mengincar karena buahnya yang manis dan mempunyai kandungan gizi dan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Pada kesempatan kali ini Peluang usaha terbaru akan berbagi tips atau cara untuk membudidayakan buah mangga.

Cara mudah membudidayakan buah mangga manis

Cara membudidayakan buah mangga
1. Pemilihan lahan
Memulai membudidayakan buah mangga pastinya anda mencari tempat yang strategis dan lahan yang sangat baik. Carilah daerah yang kwalitas tanahnya sangat bagus dan carilah lahan yang luas agar budidaya anda berjalan dengan lancar.

2. Pembibitan
Setalah anda mendapatkan lahan yang bagus, saatnya anda memulai untuk mencari bibit unggulan atau binih biji yang baik dan pastinya anda harus mengetahui jenis bibit mangga apa yang akan anda budidayakan. Banyak macam jenis mangga yang sangat bagus untuk di budidayakan seperti buah mangga harum manis, buah mangga apel dan masih banyak lagi lainnya jenis buah mangga.

3. Pengaturan tempat penanaman bibitan
Buatlah kotak yang sesuai ketika buah mangga akan menjadi besar agar pohonnya tidak terhambat untuk berkembang atau anda bisa membuat langsung bibit ke lahan yang sudah di persiapkan. Sebelum memulai menaruh bibit persemian persiapkan kotak yang berukuran sebesar 100 x 50 cm, Letakkan bibit dengan bibit lainnya berjarak 10 – 20 cm agar bibit bisa berkembang cepat tambahkan pupuk kandang 1 : 1.

4. Penaruhan ke lahan yang sudah siap
Setalah bibit yang sudah di tanam tadi mempunyai batang muda atau yang disebut tunas yang berukuran sekitar 30-40cm anda sudah bisa mencabut satu persatu ke lahan yang lebih luas. Agar tanaman baru tida rusak bagusnya anda membuat pagar seperti jaring atau kayu agar terhindar tadi hewan yang masuk dan menghancurkan bibit baru tadi.

5. Teknik lainnya
Budidaya buah mangga dapat di lakukan dengan bibit dan bisa juga dilakukan dengan mencangkok dan okulasi. Sebelum memulai membahas tentang mencangkok atau okulasi kami akan membahas tentang maskud dari mencangkok dan okulasi.

  • Mencangkok
    Adalah cara untuk mendapatkan akar dari batang buah mangga. Maksudnya adalah jika anda ingin mendapatkan hasil yang cepat cara mencangkok adalah yang tepat. Caranya sebagai berikut : Cari pohon buah mangga yang sudah berbuah terlebih dahulu agar memastikan buah mangga itu manis atau tidak. Batang yang sangat bagus di cangkok berukuran 2,5 cm dan panjang sayatan cangkok berukuran 5cm dan ditutupi serabut dari buah kelapa lalu diikat dengan tali. Tunggu sampai sayatan mempunyai akar baru agar bisa di tanam.
  • Okulasi
    Adalah cara untuk memperbanyak tanaman. Caranya batang bawah untuk di okulasi dan dari bibit yang sudah berumur 9-12 bulan. Setelah penempelan atau stump agar langsung di pindahkan ke lahan yang luas. Agar mendapatkan hasil okulasi yang baik lakukan pada musim kemarau agar batang yang di tempel tidak membusuk.

6. Pemeliharaan tanaman

  1. Penyiangan
    Cara untuk mencabut rumput liar. Untuk mencabut lumpur liar usahakan langsung di bakar atau dibuang agar tunas baru dari rumput tidak tumbuh lagi.
  2. Pengemburan tanah
    Tanah bawah dari pohon mangga sebaiknya di gemburkan akan bisa berkembangan secara baik.

7. Pemupukan tanamanLakukanla pumupukan pada phon secara rutin agar batang, daun dan hasil yang anda dapatkan bisa maksimal. Cara pemupukan yang baik
A. Pupuk organik

  1. Umur pohon mangga 1-2 tahun : 10 kg pupuk kandang
  2. Umur pohon mangga 2-8 tahun : 0,5 kg tepung tulang , 2,5 kg abu
  3. Umur pohon mangga 9 tahun : pupuk kimia SP-36, 50kg pupuk kandang, 15kg abu
  4. Umur pohon mangga 10 tahun > : 100kg pupuk kandang, 50kg tepung tulang, 15kg abu

 B. Pupuk anoraganik

  1. Umur pohon mangga 1-2 tahun : NPK (10-10-20) 100gram setiap tanaman
  2. Umur pohon mangga 2-5 tahun : NPK (10-10-20) 1.000gram setiap tanaman
  3. Pohon mangga sebelum berbunga : ZA 1.750 gram setiap tanaman, KC1 1.080gram setiap tanaman.
  4. Pohon mangga disaat berbunga : ZA 1.380gram setiap tanaman, kalsium fosfat 970gram setiap tanaman, KC1 970gram setiap tanaman.
  5. Pohon mangga setelah panen : ZA 2700gram setiap tanaman , kalsium fosfat 1.940 gram setiap tanaman, KC1 1.940 gram setiap tanaman.

8. Panen
Mangga yang sudah siap panen ketika buah berwarna kuning dan bisa memulai untuk di panen. Untuk mencangkok mulai berbuah pada umur 4 tahun sedangkan okulasi pada umur 4-6 tahun.

Demikianlah informasi kami tentang Cara Mudah Membudidayakan Buah Mangga Manis. Semoga dengan adanya informasi ini bisa membuat anda tertarik ingin mencoba untuk membudidayakan buah mangga. Silahkan kembali lagi di Peluang usaha terbaru untuk mendapatkan informasi. Jika anda tertarik ingin melihat informasi lainnya bisa anda lihat disini Budidaya Cabai Rawit Yang Baik dan Berkualitas. Sekian dan terima kasih.

5 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *